A. LATAR BELAKANG
Hantaran adalah salah satu bidang keterampilan yang telah
ada sejak zaman dahulu, telah dilaksanakan. Hanya saja hantaran tersebut masih
sangat sederhana mengenai bentuk dan pengemasan serta hiasannya. Sehubungan
dengan perkembangan zaman, hantaran juga berkembang dengan cepat, baik bentuk hiasan
dan pengemasannya. Kursus hantaran telah menyebar ke provinsi-provinsi, kabupaten-kabupaten
dan kecamatan. Untuk menyeragamkan pada kualitas lulusannya, maka perlu disusun
standar kompetensi lulusannya, dari memulai mengenal alat, bahan, wadah, dan
membentuk, mengemas serta menghias aneka hantaran sesuai dengan tujuan. Hal ini
akan memudahkan narasumber hantaran waktu memberikan pelajaran kepada peserta
didiknya. Oleh karena itu standar kompetensi lulusan keterampilan hantaran yang
berstandar nasional, sangat diperlukan agar dapat dijadikan acuan para
penyelenggara kursus hantaran.
B. TUJUAN
Standar kompetensi lulusan kursus keterampilan hantaran
bertujuan agar peserta didik memiliki hal-hal sebagai berikut:
1. Pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang
profesional sebagai pembuat hantaran yunior.
2. Pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang
profesional sebagai pembuat hantaran senior
3. Pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang
profesional sebagai pembuat hantaran profesional
C. RUANG LINGKUP
Standar kompetensi lulusan hantaran disusun sesuai dengan
tingkatan/level yang telah ditentukan:
1. Level 1 dengan jabatan pembuat hantaran junior dengan
materi :
a. Standar kompetensi menyiapkan alat dan bahan serta
menata tempat peralatan
b. Standar kompetensi membuat asesoris hantaran
c. Standar kompetensi membuat tanda panitia
d. Standar kompetensi membungkus kado
e. Standar kompetensi membuat souvenir sesuai dengan
kesempatan
f. Standar kompetensi merapikan tempat kerja
g. Standar kompetensi menyimpan peralatan hantaran
h. Standar kompetensi kesan umum
2. Level 2 dengan jabatan pembuat hantaran senior dengan
materi:
a. Standar kompetensi menghias buku tamu
b. Standar kompetensi membentuk seni lipat tekstil tanpa
potong dikemas dengan wadah
c. Standar kompetensi menghias wajah
d. Standar kompetensi menata, mengemas, menghias hantaran
buah dan bunga serta menata aneka parcel
e. Standar kompetensi membentuk seni lipat tekstil tanpa
potong dikemas tanpa wadah
f. Standar kompetensi membuat hantaran duka cita
g. Standar kompetensi menghias kotak perhiasan/kotak uang
h. Standar kompetensi kesan umum
3. Level 3 dengan jabatan pembuat hantaran profesional
dengan materi:
a. Standar kompetensi menata hantaran makanan pengantin
daerah secara tradisional
b. Standar kompetensi menata hantaran makanan pengantin
daerah yang dimodifikasi
c. Standar kompetensi membentuk seni lipat tekstil tanpa
potong dikemas secara tradisional dan modifikasi.
d. Standar kompetensi menata dan mengemas hantaran mas
kawin/Mahar
e. Standar kompetensi membuat cinderamata khas daerah
dengan potensi yang
ada.
f. Standar kompetensi kesan umum
D. Standar Kompetensi Lulusan Hantaran
LEVEL I PEMBUAT HANTARAN YUNIOR
1. Menyiapkan alat, bahan,
dan menata tempat kerja
1.1. Menyiapkan alat dan bahan
1.2. Menyusun daftar kebutuhan alat dan bahan
1.3. Menata alat dan bahan serta merapikan tempat kerja
2. Membuat Asesoris Hantaran
2.1. Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat asesoris
2.2. Merancang bentuk dan kombinasi warna asesoris sesuai
dengan kebutuhan
2.3. Membuat asesoris hantaran sesuai desain
3. Membuat Tanda Panitia
3.1. Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat tanda
panitia
3.2. Memilih bentuk dan warna tanda tanda panitia
3.3. Membuat tanda panitia sesuai kebutuhan
4. Membungkus Kado Beraturan dan Tidak Beraturan
4.1. Menyiapkan alat dan bahan untuk membungkus kado
beraturan
4.2. Membungkus kado beraturan
4.3. Memasang asesoris untuk kado beraturan
4.4. Menyiapkan alat dan bahan untuk membungkus kado
tidak beraturan
4.5. Membungkus kado tidak beraturan
4.6. Memasang asesoris bentuk kado tidak beraturan
5. Membuat Souvenir 5.1. Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat
asesoris souvenir
5.2. Memilih bentuk dan warna souvenir
5.3. Menentukan jenis souvenir sesuai acara
5.4. Mengemas dan menghias souvenir
6. Merapikan Tempat Kerja 6.1. Memisahkan alat dan bahan
yang telah digunakan
6.2. Membersihkan peralatan dan bahan
6.3. Merapikan dan menjaga kebersihan tempat kerja
7. Menyimpan Peralatan dan Bahan Hantaran
7.1. Menyiapkan tempat/ kotak untuk menyimpan peralatan
dan bahan
7.2. Memilih dan memilah peralatan / bahan sesuai tempat
penyimpanan
7.3. Menyimpan peralatan / bahan hantaran kedalam kotak penyimpanan
yang telah disediakan
8. Kesan Umum
8.1. Penampilan diri
8.2. Kelengkapan, kebersihan, dan kerapihan alat
8.3. Sikap dan tingkah laku
LEVEL : II / PEMBUAT HANTARAN SENIOR
1. Menghias Buku Tamu
1.1. Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat buku tamu
1.2. Mendesain bentuk buku tamu
1.3. Menghias buku tamu
2. Membentuk seni lipat tekstil tanpa potong dikemas
dengan wadah
2.1. Menyiapkan alat dan bahan untuk membentuk seni lipat
tekstil tanpa potong dikemas dengan wadah
2.2. Membentuk seni lipat tekstil tanpa potong
2.3. Mengemas hasil seni lipat tekstil tanpa potong
dikemas dengan wadah
3. Menghias Wadah 3.1. Menyiapkan alat dan bahan untuk menghias
wadah
3.2. Memilih wadah dan bahan pelapis sesuai kebutuhan
3.3. Menghias wadah sesuai Kebutuhan
4. Menata, mengemas dan menghias hantaran buah dan bunga
dan Menata Aneka Parcel
4.1. Menyiapkan alat,bahan,wadah, buah dan bunga
4.2. Menata, mengemas dan menghias hantaran buah dan
bunga
4.3 Menyiapkan alat dan bahan untuk aneka parcel
4.4 Menata, mengemas dan menghias aneka parcel
5. Membentuk seni lipat tekstil tanpa potong dikemas
denganwadah
5.1. Menyiapkan alat dan bahan
5.2. Membentuk seni lipat tekstil tanpa potong
5.3. Mengemas dan menghias hasil seni lipat tanpa potong
dikemas dengan wadah
6. Membuat hantaran duka cita
6.1. Menyiapkan alat, bahan dan isi hantaran duka cita
6.2. Menata hantaran duka cita
6.3. Mengemas, menghias hantaran duka cita
7. Menghias kotak perhiasan/ kotak uang
7.1. Menyiapkan alat dan bahan untuk kotak perhiasan / kotak
uang
7.2. Membuat hiasan kotak perhiasan / kotak uang
7.3. Menghias kotak perhiasan / kotak uang
8. Kesan Umum
8.1. Penampilan diri
8.2. Kelengkapan, kebersihan, dan kerapihan alat
8.3. Sikap dan tingkah laku
LEVEL : III / PEMBUAT HANTARAN PROFESIONAL
1. Menata hantaran makanan pengantin daerah secara tradisional
1.1. Menyiapkan alat, bahan, wadah serta tutup makanan
khas dari daerah
1.2. Memilih hantaran makanan pengantin sesuai khas dari
daerah
1.3. Menata, mengemas dan menghias hantaran makanan
daerah secara tradisional
2. Menata hantaran makanan daerah secara modifikasi
2.1. Menyiapkan alat, bahan, wadah makanan modifikasi
2.2. Memilih hantaran makanan pengantin sesuai modifikasi
2.3. Menata, mengemas dan menghias hantaran makanan
daerah secara modifikasi
3. Membentuk seni lipat tekstil tanpa potong dikemas
dengan wadah secara tradisional dan modifikasi
3.1. Menyiapkan alat dan bahan membentuk seni lipat
tekstil tanpa potong
3.2. Membuat seni lipat tekstil tanpa potong khas daerah
secara tradisional
3.3. Mengemas hasil seni lipat tekstil tanpa potong
dengan wadah secara tradisional
3.4. Menyiapkan wadah untuk menata hasil seni lipat
tekstil tanpa potong secaramodifikasi
3.5. Membuat seni lipat tekstil tanpapotong secara
modifikasi
3.6. Mengemas hasil seni lipat tekstil tanpa potong
dengan wadah secara modifikasi
4. Menata dan mengemas hantaran mas kawin / Mahar
4.1. Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat hantaran mas
kawin/mahar
4.2. Membuat hantaran mas kawin / mahar
4.3. Menata, mengemas dan menghias hantaran mas kawin /
mahar
5. Membuat Cinderamata khas daerah
5.1. Menyiapkan alat, bahan dan pola untuk membuat
cinderamata sesuai dengan acara
5.2. Membuat cinderamata khas daerah
5.3. Menata, mengemas dan menghias cinderamata khas
daerah
6. Kesan Umum
6.1. Penampilan diri
6.2. Kelengkapan, kebersihan, dan kerapihan alat
6.3. Sikap dan tingkah laku
E. Arah Pengembangan
Standar Kompentensi dan Kompetensi dasar, menjadi arah
landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan standar proses dan standar penilaian.
0 comments:
Post a Comment