Data LKP KBB

Thursday, October 23, 2014

Membangun Budaya Unggul Lembaga Kursus

Pada era globalisasi, persaingan menuntut adanya budaya kerja yang bersifat lebih unggul dibandingkan dengan yang telah berlangsung selama ini. Namun, untuk membangun budaya kerja unggulan ini bukanlah perkara yang mudah. Budaya kerja lama yang sudah menyatu dengan sebuah Lembaga Kursus tidak bisa begitu saja diganti karena akan menimbulkan permasalahan baru yang lain. Lalu bagaimana sebaiknya membangun budaya unggul ini?
1. Budaya Lembaga Kursus tidak dapat diganti begitu saja, juga tidak akan mungkin membentuknya secara tiba-tiba tanpa menimbulkan respon dari seluruh lapisan organisasi. Karenanya, upaya untuk menggeser budaya lama akan lebih baik jika dilakukan dengan memperkenalkan budaya kerja yang baru secara bertahap sampai mencapai suatu critical mass tertentu, sehingga dapat diterima oleh mayoritas anggota organisasi.
2. Manajemen puncak akan bertanggung jawab penuh atas tumbuh dan berkembangnya nilai-nilai yang membentuk budaya suatu Lembaga Kursus. Karenanya, pergeseran budaya tidak akan terjadi jika manajemen puncak tidak menunjukkan komitmen dan konsistensi dalam proses ini.
3. Cara terbaik untuk mengajarkan nilai-nilai budaya sendiri adalah dengan menjadi panutan bagi Instrukturnya. Sebab, nilai-nilai budaya tidak bisa jika hanya diajarkan dengan kata-kata saja. Seorang pimpinan harus memberikan contoh dan bertindak secara konsisten dalam praktik kerja sehari-hari.
4. Untuk membangun budaya Lembaga Kursus yang unggul, proses perekrutan haruslah mendapatkan perhatian serius dari manajemen puncak. Seleksi yang ketat tidak hanya menyangkut soal indeks prestasi kumulatif (IPK) dan kompetensi teknis calon Instruktur saja, tetapi juga kecocokan sikap dan perilaku calon Instruktur dengan budaya Lembaga Kursus.
5. Ketika Lembaga Kursus mengalami pertumbuhan yang luar biasa dan tranformasi organisasi diperlukan, maka visioning process akan membantu Lembaga Kursus untuk mengenali nilai-nilai inti yang menjadi watak dan ciri khas organisasi. Budaya Lembaga Kursus yang kuat juga dapat menjadi keunggulan kompetitif yang sulit ditandangi kompetitor, karena pada Lembaga Kursus tersebut telah menyatu nilai-nilai yang unik.

0 comments:

Post a Comment