Data LKP KBB

Saturday, March 15, 2014

Sasaran & Nilai-Nilai dalam LKP


Merujuk kepada tata nilai yang dikembangkan oleh Kemendiknas yaitu tata nilai yang menyatukan hati dan pikiran seluruh pimpinan, staf, dan seluruh pemangku kepentingan kursus dan pelatihan maka Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan siap mewujudkan layanan prima pendidikan. Tata nilai yang dibangun dalam rangka pelayanan prima adalah amanah, profesional, visioner, demokratis, inklusif, dan berkeadilan.



Secara lebih operasional, upaya pencapaian sasaran dalam pelaksanaan program pembinaan kursus dan pelatihan yang berorientasi pada pendidikan kecakapan hidup, menjadi kata kunci dalam Rencana Strategis Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan selama kurun waktu 2010-2014, karena ini merupakan rencana besar (grand design) dari Pemerintah untuk mengatasi permasalahan pengangguran dan kemiskinan.

Keberhasilan pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup yang merujuk kepada 3 (tiga) tema kebijakan pembangunan pendidikan, yaitu: Pertama,  pemerataan dan perluasan akses; Kedua, Mutu, Relevansi, dan Daya Saing; dan Ketiga Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik, akan memberikan dampak positif bagi Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. Namun demikian, keberhasilan pelaksanaan program tersebut akan sangat  ditentukan oleh kuantitas dan kualitas personil Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan selaku pembina program. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, seluruh jajaran Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan harus menjunjung tinggi etos kerja, cerdas dan kreatif, disiplin, kejujuran, dan akuntabilitas publik. Sikap seperti ini merupakan bagian dari upaya menciptakan aparatur pemerintah yang bermartabat dan bersih dari tindakan-tindakan yang melawan hukum dan/atau norma-norma serta peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup yang terintegrasi dengan  ketiga tema pembangunan pendidikan tersebut, akan memberikan dampak positif bagi Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

0 comments:

Post a Comment